Selasa, 08 April 2014

TARI LENGGANG ASMARA


TARI LENGGANG ASMARA
Tari Lenggang Asmara berasal dari kata Lenggang yang artinya goyangan, dan Asmara yang berarti cinta/percintaan. Tari Lenggang Asmara menceritakan tentang seorang Prabu Adipati yang jatuh cinta kepada dayangnya. Meskipun ada perbedaan derajat antara mereka berdua, namun itu semua tidak menyurutkan rasa sayang sang Prabu Adipati terhadap si dayang tersebut. Cinta mereka tidak membeda-bedakan pangkat, tetapi benar-benar tulus dari hati. Kembang Sritaman (bunga setaman) yang diberikan oleh sang Prabu adalah sebagai tanda cinta untuk si dayang, di mana memiliki arti bahwa kembang sritaman tersebut berbau harum, wangi, indah, penuh kesucian, dan penuh dengan warna. Itu semua dimaksudkan agar cinta mereka sama seperti kembang sitaman. Tari Lenggang Asmara bagaikan lagu tembang macapat Asmaradana berikut ini :
Gegaraning wong akrami
Dudu bandha dudu rupa
Amung ati pawitane
Luput pisan kena pisan
Lamun gampang luwih gampang
Lamun angel, angel kalangkung
Tan kena tinumbas arta
Aja turu sore kaki
Ana Dewa nganglang jagad
Nyangking bokor kencanane
Isine donga tetulak
Sandhang kelawan pangan
Yaiku bageyanipun
Wong welek sabar narimo


Tarian ini merupakan hasil kreativitas dari siswa siswi SMA N 1 Kayen, Pati, M. Yudi Guntara (sebagai Prabu Adipati) dan Chafidhotun Nikmah (sebagai dayang). Tari Lenggang Asmara pertama kali ditarikan pada hari Sabtu, 29 Maret 2014 di acara/kegiatan Gladis Pastika (SMP N 2 Kayen). 

Tari tersebut mendapat apresiasi yang membuat kami sebagai pihak penari merasa bangga dengan apa yang telah ditampilkan. Terima kasih kami ucapkan kepada kak Ira dan kak Yanto yang telah menghadirkan kami dalam acara tersebut. Sekaligus sebagai penata arias dan penata busana. Terima kasih juga kepada keluarga besar SMP N 2 Kayen yang menerima kehadiran kami dengan hangat dan penuh kedamaian. Kami sebagai pihak penari tdak luput dari referensi yang selama 3 tahun kami dapatkan dari Mr. Galuh Pintoko N.P, S.Sn. selaku guru mapel Seni Budaya (pembimbing seni tari).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar